Pengertian Bpjs Kesehatan

Pengertian BPJS Kesehatan – Bagi anda yang mungkin masih bingung atau belum mengetahui program terbaru pemerintah yaitu BPJS mungkin akan merasa asing dan tidak terlalu paham apa itu BPJS, apa saja manfaat BPJS yang bisa kita dapatkan dan pertanyaan lainnya. tidak hanya anda namun banyak orang lain juga yang masih bingung dengan kata ‘BPJS‘ ini oleh karena itulah disini saya akan menjelaskan pengertian mengenai apa itu BPJS.

Keterangan Mengenai Pengertian BPJS Kesehatan

pengertian bpjs kesehatan

BPJS Kesehatan – wikipedia.org

Pengertian BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah salah satu lembaga sosial yang dibentuk untuk menyelenggarakan program-program seperti jaminan sosial yang ada diIndonesia, berdasarkan undang-undang nomor 40 tahun 2004 yang menyatakan tentang sistem jaminan sosial nasional, disamping itu juga menurut undang – undang nomor 24 tahun 2011 BPJS akan mengganti sejumlah lembaga-lembaga jaminan sosial yang ada seperti lembaga asuransi kesehatan PT askes Indonesi dirubah menjadi BPJS_Kesehatan, lembaga jaminan sosial tentang ketenaga kerjaan Jamsostek juga dirubah menjadi BPJS ketenaga kerjaan. Perubahan ini akan dilakukan secara bertahap dan bergilir, seperti yang kita ketahui pada awal tahun 2014 lalu PT askes berubah menjasi BPJS kesehatan dan untuk tahun 2015 ini PT jamsostek berubah menjadi BPJS ketenaga kerjaan, disamping itu juga kantor pusat BPJS ini berada dijakarta namun anda tak perlu jauh-jauh kesana karena kantor perwakilannya ada disetiap tingkat provinsi dan juga kabupaten kota.

Pengertian BPJS selanjutnya membahas mengenai keanggotaan, keanggotaan BPJS ini mempunyai dua bagian yaitu peserta penerima bantuan iuran atau PBI dan Non PBI, apa itu peserta PBI ? peserta PBI merupakan orang-orang yang tergolong tidak mampu contohnya seperti fakir miskin yang preminya akan dibayarkan oleh pemerintah, sedangkan non PBI adalah para pekerja yang menerima upah contohnya seperti PNS (pegawai negeri sipil), Para anggota TNI dan polri, pegawai swasta dan juga para pejabat-pejabat negara, tapi bagi karyawan swasta maka cara mendaftar jaminan sosial ini bisa langsung melalui perusahaan ditempat anda bekerja lalu perusahaan akan mendaftar ke kantor cabang. Setelah selesai pihak perusahaan akan membayar iuran sebanyak yang telah ditentukan oleh pihak bank, kemudian setelah mendapat konfirmasi maka perusahaan akan mendapatkan kartu BPJS yang nanti akan dibagikan pada seluruh karyawannya.

Seperti itulah Pengertian BPJS yang bisa saya bagikan kepada anda, saya harapkan semoga dengan membaca tulisan ini bisa membantu anda untuk memahami serta mengerti apa yang dimaksud dengan BPJS serta fungsinya,BPJS ini sangat penting bagi setiap orang oleh karena itu mendaftarlah sekarang juga guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan memiliki kartu BPJS maka jika anda mengalami masalah kesehatan anda pun bisa menggunakannya.

loading...