Inilah Hormon Untuk Diet Yang Perlu Anda Ketahui

Hormon Untuk Diet – Memiliki badan yang ideal mungkin merupakan impian setiap orang. Namun untuk mencapai hal tersebut, diperlukan upaya-upaya yang menguras waktu dan tenaga. Berat badan yang ideal dapat diukur berdasarkan umur, berat badan dan tinggi badan yang apabila dikalkulasi, maka akan menghasilkan nilai yang ideal. Banyak orang di dunia yang mengalami kelebihan berat badan atau biasa dikenal dengan obesitas. Berat badan berlebih inilah yang membuat seseorang sering kali gagal mendapatkan badan yang ideal. Rata-rata orang yang mengalami kelebihan berat badan memiliki kecenderungan sulit untuk menurunkan berat badan mereka.

Diet merupakan cara yang bisa ditempuh seseorang untuk menurunkan berat badan hingga mencapai badan yang ideal. Metode untuk melakukan diet sudah sangat banyak dan beragam dengan inti untuk mengurangi jumlah konsumsi makanan harian kita dan menghindarkan diri dari kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan berat badan menjadi naik. Namun terkadang pada beberapa orang merasa sulit untuk menjalankan berbagai metode diet. Walaupun sudah berusaha, banyak orang yang gagal dalam program dietnya. Lalu bagaimana tips agar diet kita menjadi berhasil? Kita perlu mengetahui Hormon Untuk Diet yang berhubungan erat dengan berat badan.

Jenis Atau Nama Hormon Untuk Diet

hormon untuk diet

Jenis Hormon Untuk Diet

Di dalam tubuh kita, ternyata ada beberapa hormon yang mengatur atau berperan aktif dalam menurunkan atau menaikkan berat badan. Hormon apa sajakah itu? Berikut ini adalah beberapa Hormon Untuk Diet yang harus anda tahu agar diet anda bisa berhasil.

1. Hormon Ghrelin. Hormon ghrelin ini sangat berpengaruh terhadap diet seseorang. Hormon ini diproduksi dalam perut dan berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke otak. Sinyal yang dikirim ini berupa rasa lapar. Pada saat menjalani program diet, biasanya seseorang akan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak kalori. Cara ini memang tidaklah salah, namun cara ini juga akan menyebabkan peningkatan produksi pada hormon ghrelin ini.

Efek dari peningkatan produksi pada hormon ghrelin ini akan menyebabkan rasa lapar yang terus menerus. Hal inilah yang menyebabkan banyak dari kita yang gagal dalam menjalani program diet sehingga berat badan tidak terkontrol. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Caranya adalah dengan sering melakukan aktivitas yang membuat badan menjadi sering bergerak, salah satunya olahraga. Jika badan sering melakukan gerak, maka hal ini akan membuat hormon Ghrelin berkurang poduksinya. Untuk itu selain kita harus menjaga pola makan, kita juga harus memperhatikan aspek lainnya yakni dengan rutin melakukan olahraga.

2. Hormon Leptin. Hormon lainnya yang juga sangat berpengaruh terhadap diet adalah leptin. Hormon ini merupakan hormone baik untuk tubuh yang apabila jumlahnya banyak maka akan baik untuk diet anda. Hormone ini akan merangsang otak agar mengurangi makan dan agar tubuh membakar lebih banyak lemak. Hormone ini diproduksi pada sel lemak dalam tubuh dan apabila lemak dalam tubuh meningkat tajam dan tak terkendali, maka hormone ini akan terlepas dan semakin berkurang.

Hormone leptin merupakan kebalikan dari hormone Ghrelin. Apabila hormone Ghrelin mengirimkan sinyal lapar, maka hormone leptin akan mengirimkan sinyal kenyang. Namun apabila lemak dalam tubuh terlalu banyak, maka otak akan menjadi kurang peka terhadap sinyal dari leptin ini sehingga rasa kenyang sulit didapat. Agar hormone leptin kembali berfungsi sebagaimana harusnya, anda cukup melakukan tidur secara cukup yakni antara 7 hingga 8 jam per hari.

3. Hormone adiponectin. Hormone ini sangat membantu kita dalam mendapatkan berat badan yang ideal. Fungsi dari hormone adiponectin sendiri adalah untuk mempercepat metabolisme dalam tubuh dan juga memecah lemak dan menambah nafsu untuk makan. Untuk bisa mendapatkan hormone adiponectin secara optimal, kita bisa melakukan olahraga secara rutin setiap hari.

4. Hormon insulin. Hormone insulin adalah salah satu hormone yang sangat penting untuk tubuh kita. Hormone ini berfungsi sebagai penjaga gula darah dan juga memulihkan kondisi kesehatan tubuh. Namun terlalu banyak hormone insulin yang diproduksi dalam tubuh juga akan membuat tubuh menjadi obesitas. Ini dikarenakan glukosa akan menjadi menumpuk dan tidak dapat digunakan sehingga akan membuat tubuh menjadi terlalu gemuk. Apabila anda ingin agar diet anda berhasil, anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah.

Demikianlah beberapa Hormon Untuk Diet yang perlu anda ketahui. Dengan mengetahi hormon tersebut, maka anda akan lebih mudah untuk diet karena sudah mengetahui hormon apa yang seharusnya ditingkatkan dan hormon mana yang seharusnya dikurangi kadarnya dalam tubuh. Agar diet anda lebih cepat dan berhasil, ada baiknya untuk selalu menjaga pola hidup yang sehat. Selain itu, pilihlah metode diet yang sehat dan tidak ekstrim agar tidak ada efek samping yang justru dapat membahayakan tubuh.

loading...