Cara Merawat Rambut Yang Diwarnai Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Rambut Yang Diwarnai – Mewarnai rambut merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh banyak wanita untuk mendapatkan penampilan rambut yang berbeda. Ada perbedaan tersendiri yang dirasakan ketika warna rambut kita lain dari sebelumnya. Selain itu, warna rambut bisa juga dijadikan sebagai cara untuk mengekspresikan suasana hati ataupun menonjolkan karakter kita.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Secara Alami

Nah, setelah Anda menghabiskan banyak uang dan waktu dalam mewarnai rambut, Anda tentu tidak ingin hasilnya sia-sia bukan? Maka dari itu, ada beberapa Cara Merawat Rambut Yang Diwarnai yang harus Anda perhatikan agar warnanya bisa tahan lama.

Langkah Mudah Cara Merawat Rambut Yang Diwarnai

cara merawat rambut yang diwarnai

Ilusrtrasi – Pixabay.com

Penggunaan Produk Rambut
Perlu dipahami bahwa rambut yang baru saja diwarnai tidak boleh melakukan kontak dengan bahan-bahan kimia. Nah, bahan-bahan kimia ini sendiri sangat mudah ditemukan di dalam produk perawatan rambut seperti hair spray atau produk yang mengandung alkohol. Bahan kimia di dalam produk seperti ini bisa membuat lapisan kutikula rambut Anda terbuka, sehingga pemudaran warna cat bisa terjadi lebih cepat. Selain itu, hindari pula blow drying secara berlebihan karena bisa berdampak buruk pada cat yang baru saja melekat pada rambut Anda.

Mencuci Rambut
Jika Anda baru saja mengecat rambut, Cara Merawat Rambut Yang Diwarnai ada baiknya jika memberikan jeda sekitar 2 hari sebelum mencucinya. Pasalnya, cat yang digunakan membutuhkan waktu untuk beroksidasi dengan rambut Anda. Paling tidak, dibutuhkan waktu satu malam agar warna cat tersebut bisa meresap secara alami menjadi warna natural rambut Anda. Sementara pada hari kedua, warna rambut Anda akan mulai terlihat sangat alami karena proses oksidasinya yang sudah stabil. Inilah alasan mengapa Anda tidak boleh keramas setelah mewarnai rambut. Jika Anda langsung keramas setelah mewarnai rambut, maka besar kemungkinan warnanya akan luntur.

Terkena Klorin
Klorin merupakan kandungan yang sering digunakan di dalam kolam renang dengan tujuan untuk menjernihkan air. Jika kandungan ini terkena pada rambut yang baru saja diwarnai maka bisa membuatnya luruh. Oleh karena itu, tunda dulu rencana Anda untuk berenang setelah melewati proses pengecatan rambut. Selain itu, pastikan agar rambut Anda bisa terhindar dari sengatan matahari langsung. Sebaiknya kenakan pelindung seperti topi atau payung saat Anda beraktifitas di bawah sinar matahari.

Shampo atau Hair Mask
Cara Merawat Rambut Yang Diwarnai selanjutnya adalah menggunakan shampo atau hair mask. Namun hal ini bukan berarti bahwa Anda tidak bisa menggunakannya sama sekali, tapi pakailah setelah warna rambut Anda sudah segar kembali. Produk shampo khusus seperti anti ketombe bisa berdampak buruk pada kondisi cat rambut Anda. Hal ini juga berlaku untuk produk yang berbentuk masker rambut. Produk-produk seperti ini bisa mengubah pigmen cat sehingga penampilan rambut Anda bisa terlihat aneh.

Terkena Panas
Sebaiknya hindarilah segala jenis alat penataan rambut yang menghasilkan uap panas. Artinya, produk penataan rambut yang biasa Anda gunakan untuk mengembangkan rambut seperti mousse, pengering, dan alat catok harus dihindari sebisa mungkin. Hal ini dikarenakan rambut yang baru saja diwarnai akan menjadi lebih rapuh jika terkena dengan panas.

Harus diakui bahwa rambut yang berwarna memang memiliki daya tarik tersendiri. Akan tetapi, hal ini justru bisa menjadi masalah jika warnanya pudar atau berubah. Selain itu, rambut yang diwarnai juga sangat rentan terhadap kerusakan sehingga harus mendapatkan perhatian lebih dari sebelumnya. Setidaknya, jagalah rambut Anda baik-baik selama 1 minggu pertama.

Baca Juga : Cara Mengatasi Rambut Yang Susah Di Atur

Semoga informasi mengenai Cara Merawat Rambut Yang Diwarnai Agar Tetap Sehat di atas bisa membantu Anda untuk memiliki rambut yang berwarna namun tetap terjaga kesehatannya.

loading...