Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering Dan Mengembang

Cara Merawat Rambut Keriting – Wanita yang memiliki rambut keriting akan menghadapi masalah yang sangat kompleks jika tidak tahu cara merawatnya. Apalagi rambut itu terdiri dari beberapa lapisan dan juga ribuan sel. Namun jika Anda tahu bagaimana cara memperlakukannya, maka hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi penampilan Anda.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Yang Diwarnai Agar Tetap sehat

Mempunyai rambut keriting merupakan hal yang menankjubkan karena di samping kita bisa mempunyai gaya rambut yang unik dan tertunya bisa juga menjadi tren dalam masyarakat, tetapi yang sering terjadi bahwa perawatan rambut keriting tidaklah semudah merawat rambut pada umumnya karena jika kita salah dalam perawatan rambut keriting maka rambut bisa terlihat kering dan mengembang sehingga menggangu penampilan kita tentunya. maka dari berikut adalah Cara Merawat Rambut Keriting yang bisa anda coba dalam perawatan rambut keriting anda.

Cara Merawat Rambut Keriting Agar Halus Dan Indah

cara merawat rambut keriting

Ilustrasi – Wikipedia.org

– Detangler Semprot
Gunakanlah detangler semprot anak dalam menyisir rambut Anda. Hal ini dikarenakan detangler semprot tidak berminyak sehingga sangat baik untuk mengatur rambut keriting yang biasanya mudah kusut saat disisir. Selain itu, Anda bisa juga membuat detangler semprot dengan memanfaatkan campuran kondisioner dan air.

– Sanggul atau Simpul Atas
Jika Anda adalah wanita yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu dalam merawat rambut keriting, maka cobalah untuk menatanya dengan satu simpul ke atas. Selain memberikan penampilan yang kasual, model seperti ini membuat rambut keriting tidak mudah berantakan.

– Sampo Berbahan Ringan
Hindarilah penggunaan sampo yang berbahan keras karena hanya akan membuat rambut keriting Anda lebih cepat kering. Selain itu, gunakan pula kondisioner setelah Anda keramas. Untuk intensitas pemakaian, semuanya tergantung dari tingkat minyak atau kekeringan kulit kepala, kualitas air, dan juga apakah rambut Anda diwarnai atau tidak.

– Kondisioner Berprotein
Kondisioner yang kaya akan protein memiliki fungsi untuk merapikan, menata, dan menjadikan rambut keriting terlihat lebih bersinar. Nah, jika Anda mendambakan rambut yang halus, maka biarkan kondisioner ini sekitar 5 menit sebelum Anda membilasnya.

– Hindari Produk Rambut Beralkohol
Produk rambut yang mengandung alkohol bisa mengakibatkan rambut keriting semakin sulit diatur. Sebaiknya utamakan produk sampo, kondisioner, dan hair spray yang bebas alkohol.

– Gunakan Air Berkarbonasi
Cara merawat rambut keriting selanjutnya adalah dengan menggunakan air berkarbonasi. Hal ini dikarenakan air berkarbonasi memiliki tingkat pH yang rendah sehingga bisa mengurangi rambut kusut. Setelah mencuci rambut Anda, berikan bilasan terakhir dengan menggunakan air berkarbonasi.

– Cuka Sari Apel
Cuka sari apel memiliki tingkat keasaman yang ternyata bisa merapikan rambut keriting. Nah, setelah Anda selesai keramas, ada baiknya jika menerapkan cuka sari apel ini kerambut Anda secara merata. Diamkan selama 30 detik lalu bersihkan rambut Anda menggunakan air dingin. Setelah itu, lanjutkan dengan penggunaan kondisioner seperti biasanya. Jika aroma dari cuka ini mengganggu, cairkan dengan tambahan air biasa.

– Minyak Alami
Minyak alami seperti minyak kelapa bisa membantu untuk melembapkan rambut dan mengunci kelembapannya. Saat rambut Anda sudah terasa kering, oleskanlah minyak kelapa ini. Untuk menghindari kulit kepala yang menjadi berminyak, lakukan mulai dari ujung rambut Anda. Minyak zaitun juga bisa dijadikan alternatif dengan metode penerapan yang sama.

– Minyak Hangat
Cara Merawat Rambut Keriting yaitu Untuk penggunaan minyak hangat, pastikan agar suhunya bisa terasa nyaman di kulit kepala. Anda bisa membuat ramuan ini dari minyak kelapa, minyak zaitun extra virgin, minyak almond, minyak kastor, atau minyak rosemary.

loading...

Hangatkan minyak ini di dalam panci selama 2 hingga 4 menit. Biarkan agar panasnya turun yang disesuaikan dengan keinginan Anda. Untuk lebih merapikan serat rambut Anda, tambahkan madu hangat ke dalam ramuan tersebut.

Setelah itu, oleskan minyak hangat ini di kulit kepala Anda dengan memberikan pijatan lembut dari akar hingga ujungnya. Bungkus kepala Anda menggunakan handuk agar ramuan ini tidak terbuang. Setelah 1 jam, keramaslah seperti biasa dan akhiri dengan menggunakan kondisioner.

– Penggunaan Blow Dry
Untuk blow dry, pastikan Anda menggunakannya hanya pada akar rambut saja. Hal ini bertujuan agar Anda masih bisa menata rambut tanpa harus mengeringkan bagian batangnya. Sebaiknya gunakan blow dry dengan fitur diffuser, sehingga memungkinkan bagi Anda untuk membatasi jumlah panasnya.

Baca Juga : Cara Merawat Rambut Berminyak Dengan Mudah

Nah, itulah beberapa Cara Merawat Rambut Keriting yang mungkin bisa membuat penampilan Anda lebih cantik lagi. Selamat mencoba.