Cara Merawat Motor Injeksi Sebagai Teknologi Baru

Semakin berkembangnya teknologi membuat berbagai perubahan di dunia, mulai dari ilmu pengetahuan sampai teknologi itu sendiri. Teknologi transportasi sebagai kebutuhan masyarakat secara umum juga semakin berkembang. Teknologi transportasi membantu mobilitas setiap orang menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah sepeda motor. Sekarang ini hampir semua rumah tersedia sepeda motor. Teknologi mesin pada motor karburator saat ini tergantikan dengan teknologi baru, yaitu injeksi. Cara Merawat Motor Injeksi tentu saja berbeda dengan merawat motor berteknologi karburator. Oleh sebab itu, apabila Anda mempunyai lebih dari satu motor, dimana motor-motor tersebut adalah motor injeksi dan motor karburator, maka Anda harus melakukan perawatan yang berbeda. Namun, Anda tidak usah khawatir apabila belum berpengalaman merawat motor injeksi.

Baca Juga : Cara Mengendarai Motor Kopling Manual Bagi Pemula

Cara Merawat Motor Injeksi Yang Benar

cara merawat motor injeksi

Ilustrasi – wikipedia,org

Seperti yang telah dikemukakan diatas bahwa motor injeksi mempunyai perawatan yang cukup berbeda dengan motor karburator. Karburator sebagai teknologi lama memang saat ini masih ada, namun untuk motor-motor baru, para perusahaan motor memilih teknologi injeksi. Sebelum motor dipakai untuk perjalanan, terlebih dahulu panaskan motor injeksi Anda selama kurang lebih 5 menit agar memaksimalkan proses pembakaran pada motor. Untuk memperpanjang usia motor Anda, maka ada cara merawat motor injeksi dengan benar, yaitu hindari membuka tutup motor injeksi dengan tiba-tiba. Cara ini merupakan cara merawat motor matic injeksi. Perusahaan motor-motor matic kebanyakan sudah menggunakan teknologi injeksi untuk motor keluaran terbarunya sejak tahun lalu. Ini karena ada kelebihan tertentu dibandingkan dengan motor karburator.

Jika membuka tutup gas untuk memperpanjang usia motor, juga bermanfaat lain yaitu agar motor tidak boros bahan bakar. Kemudian sebagai cara merawat motor injeksi gantilah oli pada masa yang tepat, jangan sampai kelewatan terlalu lama. Selain oli, sebagai cara perawatan motor matic injeksi Anda juga harus sekali mengecek secara berkala mengenai aki dan busi. Apabila keduanya sudah tidak layak jalan, maka segeralah ganti. Ini akan meminimalisir kerusakan pada mesin dan meminimalisir kecelakaan.

Untuk tips merawat motor injeksi, usahakan untuk mengganti oli setiap 5000 km dan oli mesin setiap 1000 km. Tangki bensin jangan sampai kosong, apabila indikator sudah menunjukkan bensin tinggal sedikit maka segeralah mengisi bensin sebagai cara merawat motor injeksi agar tetap awet, tahan lama, dan mesin baik di jalanan. Ven blat juga tidak boleh dilupakan. Periksa vent belt secara rutin apabila sudah saatnya oli shockbreker diganti maka gantilah. Biasanya penggantian dilakukan setiap sekitar setiap 10.000 km.

Selain Cara Merawat Motor Injeksi secara umum, proses perawatan setiap orang dapat berbeda satu sama lain. Ada orang yang tipenya malas merawat motor tinggal memakai saja, ada juga yang rutin. Namun Anda harus menyadari bahwa merawat motor adalah kebutuhan Anda karena bisa jadi motor adalah teman Anda untuk pergi ke kantor, sekolah, dan tempat-tempat lainnya, sehingga rawatlah motor Anda sebaik mungkin. Merawat motor injeksi dengan benar juga selalu dapat dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel.

Baca Juga : Cara Mengganti Air Radiator Motor Vixion Yang Benar

Itulah beberapa langkah atau Cara Merawat Motor Injeksi yang harus Anda ketahui dan Anda pahami guna diaplikasikan langsung pada motor injeksi Anda. Apabila Anda akan membeli motor, Anda tidak perlu kaget karena kebanyakan di pasaran adalah motor yang sudah injeksi. Pada dasarnya, motor injeksi merupakan bagian dari salah satu perkembangan teknologi yang ada sekarang ini. Dari yang dahulu kala alat transportasi menggunakan cara manual bukan mesin, lalu menggunakan mesin karburator, dan sekarang injeksi.

loading...