Tips dan Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Berpuasa

Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Berpuasa memang merupakan sebuah langkah yang paling kita butuhkan ketika sedang melaksanakan ibadah puasa dengan kondisi cuaca yang tidak bersahabat dengan kita. Ya benar, cuaca yang paling tidak bisa kita toleransi ketika sedang berpuasa adalah pada saat cuaca panas atau pada saat musim kemarau. Hal ini dikarenakan ketika sedang berpuasa pada cuaca yang panas, kita sering merasa kehausan dan biasanya jika cuaca panasnya sangat ekstrim bisa membuat kita mengalami dehidrasi yang cukup signifikan. Untuk itu, kita membutuhkan langkah menanggulangi rasa haus saat berpuasa.

Baca Juga : Menu Sarapan Pagi Yang Sehat Dan Mengenyangkan

Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Berpuasa Hingga Waktu Buka

cara mengatasi rasa haus saat berpuasa

Ilustrasi – wikipedia.org

Berpuasa merupakan ibadah yang wajib di lakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia ini. Karena dengan berpuasa kita bisa melatih hawa nafsu yang ada di dalam tubuh kita. Nah, tantangan terbesar saat sedang berpuasa selain menahan rasa lapar dan hawa nafsu kita. Dan yang paling berat dalam berpuasa adalah ketika kita harus menahan rasa haus saat berpuasa pada cuaca yang sangat panas. Untuk itu, kita membutuhkan cara mengatasi rasa haus saat berpuasa. Nah, bagi Anda yang mengalami hal tersebut, jangan khawatir, langkah menanggulangi rasa haus saat berpuasa akan kita bahas selengkapnya di bawah ini.

1. Hindari Sahur Dengan Makanan Pedas.
Cara mengatasi rasa haus saat berpuasa dengan cara ini tergolong sangat masuk akal dan lebih efektif. Karena ketika kita mengkonsumsi makanan pedas dengan kapasitas yang cukup banyak saat sahur memiliki efek yang tidak baik untuk tubuh kita saat sedang berpuasa. Efek dari makanan-makanan pedas yang kita konsumsi saat sahur tersebut menimbulkan panas dalam di dalam tubuh kita. Sehingga kita akan cepat merasakan haus, karena panas dalam tersebut. Sehingga langkah menanggulangi rasa haus saat berpuasa dengan metode ini cukup memberikan efek positif untuk kualitas puasa kita.

2. Tambah Makanan Berserat Saat Sahur
Dengan mengkonsumsi makanan berserat dengan kapasitas lebih banyak bisa menjadi cara mengatasi rasa haus saat berpuasa yang bisa Anda pilih berikutnya. Karena ketika kita mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi saat berbuka maupun saat sahur, pencernaan di dalam usus kita akan membutuhkan proses yang cukup lama. Sehingga, kita akan terhindar dari rasa haus yang sangat menyiksa saat berpuasa. Makanan berserat tersebut bisa kita temukan pada jenis sayur-sayuran dan buah-buahan.

3. Perbanyak Minum Air Mineral
Kita ketahui bersama, di dalam tubuh manusia itu hampir 90% terdiri dari air. Untuk itu, cara mengatasi rasa haus saat berpuasa berikutnya adalah dengan metode ini. Metode ini di nilai masih butuh penelitian lebih mendalam. Namun, mengingat kebutuhan mineral di dalam tubuh kita yang cukup tinggi saat berpuasa, menjadikan metode ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda saat berpuasa. Menurut ilmu kesehatan, kita diwajibkan meminum air mineral sebanyak 8 gelas setiap hari, karena itu untuk membantu system ginjal kita dalam membuang racun di dalam tubuh kita. Untuk itu, setiap sahur maupun berbuka, kita diharuskan meminum air mineral lebih banyak dari ketentuan yang sudah di tentukan di atas, agar kita tidak cepat merasakan haus saat berpuasa.

Nah, itulah ketiga Tips Cara Mengatasi Rasa Haus Saat Berpuasa yang mungkin bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum melaksanakan puasa. Metode-metode ini pasti akan sangat di butuhkan di negara kita, karena kondisi geografis negara kita yang cenderung dominan cuaca panas saat ini. Apalagi diperparah dengan kondisi global worming yang terjadi di bumi ini. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa membantu Anda dalam berpuasa agar selalu lancar tanpa kendala yang berarti.

loading...