Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Keloid

Cara Mengatasi Kulit Keloid – Apakah anda pernah mendengar tentang kulit keloid? Apa sebenarnya keloid itu? Keloid merupakan suatu kondisi pada kulit dimana terdapat daging yang tumbuh secara tidak normal pada bekas luka. Koloid biasanya akan memiliki ukuran yang lebih besar daripada luka yang kita derita. Keloid bukanlah sebuah penyakit kulit yang berbahaya. Ini dikarenakan keloid hanya tumbuh pada bagian bekas luka dan biasanya akan terhenti pertumbuhannya apabila telah mencapai ukuran tertentu.

Walaupun tidak berbahaya bagi tubuh, namun masalah pada kulit ini patut kita waspadai kedatangannya karena hal ini dapat mengganggu penampilan. Keloid biasanya bersifat menonjol sehingga apabila terdapat pada bagian tubuh yang tidak tertutup, maka hal tersebut akan sangat mengganggu. Keloid biasanya terjadi pada orang yang memiliki usia remaja antara 10 hingga 20 tahunan.

Cara Mengatasi Kulit Keloid Secara Medis

Cara Mengatasi Kulit Keloid

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kulit Keloid

Penyakit keloid pada kulit ini tidak akan langsung tumbuh pada luka yang baru saja kering atau sembuh. Namun keloid baru akan tumbuh setelah beberapa bulan bahkan mencapai waktu tahunan. Sebenarnya penyakit ini dapat diobati / diatasi dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan operasi. Namun ada juga keloid yang kembali tumbuh pada bagian tersebut walaupun telah dilakukan operasi. Lalu apa sebabnya keloid ini terjadi pada tubuh kita dan bagaimana cara mencegah maupun mengatasi kulit yang mengalami keloid? Berikut ini adalah beberapa penyebab keloid dan Cara Mengatasi Kulit Keloid yang harus anda ketahui:

Penyebab Kulit Keloid

Kulit yang mengalami keloid ini biasanya disebabkan karena tubuh itu sendiri yang tidak normal dalam melakukan proses penyembuhan luka. Pada saat tubuh kita terluka, tubuh kehilangan kontrol pada saat memperbaiki luka sehingga pada saat luka telah sembuh, koloid akan muncul pada bekas luka tersebut. Kondisi ini merupakan kondisi bawaan dan akan menurun pada keturunan. Walaupun masalah kulit keloid ini menurun, namun hanya pada orang tertentu saja keloid akan terjadi. Orang dengan pigmen warna pada kulit yang banyak akan memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena keloid.

Cara Mengatasi Kulit Keloid Dengan Mudah

Untuk mengatasi kulit yang mengalami keloid ini dapat ditempuh melalui jalur medis. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan operasi pengangkatan pada kulit yang keloid. Namun ada sebagian orang yang kembali mengalami keloid setelah melakukan operasi. Ada cara lainnya untuk Menghilangkan Keloid Dari Tubuh kita yakni dengan melakukan suntik kortikosteroid atau suntik steroid. Cara suntik tersebut akan membuat sel pada keloid menjadi mati sehingga keloid dapat sembuh. Namun apabila anda takut untuk disuntik, anda bisa menggunakan cara lainnya yakni dengan melakukan penyinaran. Terapi penyinaran yang bisa dilakukan oleh orang yang terkena keloid antara lain adalah terapi dengan sinar X dan sinar radiasi yang dipancarkan ke arah kulit yang terkena keloid.

Selain melalui cara diatas, anda juga bisa menempuh cara lain yakni dengan menggunakan gel yang dapat membuat kulit yang terkena keloid menjadi lunak. Dengan begitu, maka masalah keloid akan dapat teratasi dengan cepat dan mudah.

Itulah sedikit informasi tentang apa itu keloid, penyebab terjadinya keloid, dan juga Cara Mengatasi Kulit Keloid. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan anda tentang masalah kulit yakni keloid. Walaupun keloid ini tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh dan tidak berpengaruh terhadap tubuh, namun keloid patut kita waspadai dan buang karena dapat mengganggu penampilan.

loading...