Cara Mencuci Tangan Yang Benar dan Steril

Cara Mencuci Tangan Yang Baik – Mencuci Tangan adalah kebiasaan sederhana untuk menjaga kesehatan supaya terhindar dari kuman atau bakteri. Meski prosesnya mudah, namun masih saja banyak orang yang menyepelekan kebiasaan tersebut dan tidak melakukannya secara rutin. Terdapat pula orang-orang yang rutin mencuci tangan, namun belum melakukannya dengan benar dan steril.

Walaupun terlihat sederhana dan melalui proses yang sama, namun sebenarnya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencuci tangan. Hal tersebut bertujuan supaya kuman dan bakteri benar-benar bisa disingkirkan. Lalu bagaimana Cara Mencuci Tangan Yang Benar dan Steril? Silahkan simak ulasan yang telah kami rangkum di bawah ini.

Cara Mencuci Tangan Yang Benar dan Bersih

cara mencuci tangan yang benar

Cara Mencuci Tangan Yang Benar – Wikipedia.org

• Langkah pertama, basuhlah kedua tangan menggunakan sabun dan air. Pastikan air yang digunakan berasal dari sumber yang bersih.
• Gosok kedua permukaan tangan, jangan sampai ada yang terlewat.
• Setelah sabun sudah merata, gosoklah kedua tangan selama 10-20 detik.
• Bersihkan sela-sela kedua jari tangan. Hal ini biasanya sering dilewatkan mayoritas orang karena dianggap sepele. Pastikan diri anda tidak melakukan kesalahan yang sama, maka dari itu anda harus membersihkan sela-sela kedua jari tangan.
• Setelah sela-sela tangan dibersihkan, langkah selanjutnya adalah membilas sabun sambil menggosokkan kedua tangan.
• Langkah terakhir yaitu mengeringkan tangan memakai handuk atau hand dryer.

Cukup mudah bukan? Langkah di atas bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan anak-anak sekalipun. Setelah mengetahui cara dan langkah Mencuci Tangan Yang Benar, kini saatnya anda mengetahui waktu yang tepat untuk mencuci tangan. Selengkapnya di bawah ini.

Waktu Yang Tepat Untuk Mencuci Tangan

• Sebelum dan Sesudah Makan
Hal ini tentu sangat mendasar dan sudah diketahui banyak orang. Sebelum dan sesudah makan, kita harus mencuci tangan terlebih dahulu supaya makanan tidak terkontaminasi oleh kuman. Mencuci tangan sebelum makan menjadi hal yang wajib bagi anda yang tebiasa makan menggunakan tangan.

• Sebelum Menyiapkan Bahan Makanan
Saat hendak memasak, cucilah tangan anda terlebih dahulu supaya bahan makanan tidak terkontaminasi oleh kuman yang berasal dari tangan.

• Sebelum dan Sesudah Mengganti Popok Bayi
Saat anda hendak mengganti popok bayi, cucilah tangan terlebih dahulu supaya kulit bayi terhindar dari infeksi kuman.

• Setelah Buang Air Besar dan Air Kecil
Hal ini tentu tidak butuh penjelasan yang lebih rinci, karena pada dasarnya semua orang paham bahwa tangan harus dicuci setelah melakukan buang air besar dan air kecil.

• Setelah Bersin Atau Batuk
Ketika bersin atau batuk, kebanyakan orang akan refleks menutup hidung atau mulut menggunakan tangan. Proses tersebut tentu akan membuat kuman berpindah pada tangan, sehingga harus segera dicuci.

• Sebelum dan Sesudah Menggunakan Lensa Kontak
Cucilah tangan sebelum dan sesudah menggunakan lensa kontak supaya tidak terjadi infeksi pada area mata.

• Setelah Menyentuh Sampah
Sampah merupakan sumber bakteri, sehingga anda harus mencuci tangan setelah membuang sampah.

• Setelah Meyentuh Binatang
Kulit binatang merupakan salah satu penyumbang besar bakteri, khususnya binantang liar.

loading...

Itulah beberapa Cara Mencuci Tangan Yang Benar dan Steril. Setelah mengetahui beberapa poin di atas, kini anda harusnya sudah tahu cara mencuci tangan yang benar, sehingga tidak lagi mencuci tangan secara sembarang. Walaupun tampak sederhana, namun beberapa langkah di atas tentunya cukup berpengaruh dan harus diperhatikan lebih teliti. Sekian ulasan dari kami tentang Cara Mencuci Tangan Yang Benar dan Steril, terima kasih sudah menyimak dan semoga bermanfaat.