Cara Instal Ulang Windows 7 Menggunakan Flashdisk File ISO Mudah Dan Praktis

Cara Instal Ulang Windows 7 Menggunakan Flashdisk bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Bagi Anda yang ingin melakukan instal ulang pc atau laptop, Anda dapat mencoba cara berikut ini. Menginstal ulang pc atau laptop Anda tidak harus menggunakan DVD atau cd. Bagi Anda yang tidak memiliki CD-ROM, cara berikut ini cocok untuk Anda gunakan. Tanpa menggunakan CD-ROM, Anda dapat memanfaatkan flashdisk untuk instal ulang komputer ini. Langsung saja, simak dan perhatikan cara instal ulang Windows 7 dengan flashdisk file ISO.

Baca Juga : Cara Download Youtube Tanpa Menggunakan Software

Cara Instal Ulang Windows 7 Menggunakan Flashdisk File ISO

cara instal ulang windows 7 menggunakan flashdisk

Ilustrasi – Wikipedia.org

Sebelumnya, pastikan Anda telah menyiapkan hal-hal yang Anda butuhkan. Seperti USB flashdisk, file master Windows dan juga file ISO drivernya. Selain itu, pastikan juga bahwa file-file tersebut telah disimpan dalam USB flashdisk yang akan Anda gunakan. Software yang dapat Anda gunakan adalah software Windows 7 USB DVD Download Tool. Setelah itu, Anda dapat melakukan langkah-langkah cara instal ulang Windows 7 menggunakan flashdisk berikut:

– Instal Software Aplikasi Windows 7 USB Download Tool
Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menginstal aplikasi yang telah Anda simpan di flashdisk tersebut. Setelah selesai menginstal maka akan muncul tampilan awal. Cari tombol Browse, maka Anda akan melihat tampilan baru dimana Anda akan mencari letak file ISO Windows yang sudah Anda siapkan. Setelah itu, Anda dapat mengklik Next untuk melanjutkan proses instalasi.

– Klik USB Device
Cara instal ulang Windows 7 menggunakan flashdisk selanjutnya yaitu Anda dapat mengklik USB device. Kemudian tentukan juga dimana letak flashdisk yang akan di-bootable, yaitu untuk tempat instal Windowsnya. Kemudian Anda dapat mengklik tombol Begin Copying yang ada pada bagian kanan bawah. Selanjutnya yaitu menunggu proses sampai selesai. Proses ini membutuhkan waktu ekstra, jadi Anda harus sabar menunggunya. Ini karena filenya sendiri saja berukuran mencapai 4 GB.

– Klik Start Over
Langkah selanjutnya yaitu dengan mengklik Start Over setelah proses selesai dilakukan. Sampai langkah ini, Anda sudah selesai menyiapkan flashdisk yang siap digunakan untuk instal ulang komputer Anda. Maka langkah selanjutnya adalah langkah menginstal ulang Windows 7 di komputer Anda menggunakan flashdisk yang Anda siapkan tersebut.

– Tancapkan USB Ke Komputer Yang Ingin Anda Instal Ulang
Cara instal ulang Windows 7 menggunakan flashdisk selanjutnya yaitu dengan menancapkan USB flashdisk ke komputer yang akan Anda instal ulang. Setelah itu Anda dapat melakukan restart pada komputer tersebut. Saat pertama kali menyala, Anda harus segera memencet tombol F2 atau F10 atau F1 atau juga tombol DELETE. Tombol ini tergantung dari komputer Anda masing-masing, Anda dapat memencet semua tombol tersebut. Setelah itu Anda akan masuk ke system BIOS, pilih Boot Device Priority. Setelah itu pilih First Boot Device Priority menjadi USB flashdisk. Pastikan bahwa Anda memilih USB Storage Device atau nama dari USB flashdisk Anda.

– Restart Komputer
Sama halnya dengan cara instal ulang Windows XP dengan flashdisk, setelah mengatur system booting Anda dapat menekan tombol F10. Maka secara otomatis komputer Anda akan melakukan restart. Setelah komputer menyala kembali, muncul teks Press any key to boot from …, Anda dapat segera menekan sembarang tombol. Langkah selanjutnya yaitu menunggu proses sampai selesai. Setelah menekan sembarang tombol maka secara otomatis akan muncul teks Windows is loading files. Maka Anda dapat menunggu proses tersebut sampai selesai.

– Klik Install Now
Cara instal ulang Windows 7 menggunakan flashdisk selanjutnya setelah proses selesai maka Anda harus menekan tombol Next. Tombol Next ini dapat Anda tekan setelah Anda selesai mengisi bahasa, waktu dan lain sebagainya. Setelah itu, klik Install Now untuk melanjutkan proses instalasi.

– Lanjutkan Proses Instalasi
Jika Anda menemukan tampilan beberapa pilihan, silahkan pilih saja salah satu dari pilihan tersebut. Kemudian pilih I accept the license terms, setelah itu klik Next. Setelah itu pilih saja Custom Advanced. Selanjutnya, Anda akan melihat pilihan untuk pembagian partisi. Jika hanya ada 1, Anda dapat segera memilihnya. Tetapi jika lebih dari 1 partisi, pastikan Anda memilih Partition System C untuk diformat data-datanya. Klik Next, tunggu sampai proses selesai. Proses ini memakan waktu yang sangat lama.

– Langkah Terakhir
Setelah proses selesai maka secara otomatis komputer Anda akan melakukan restart. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengisi nama yang disediakan pada form isian. Kemudian pilih Ask me later saja untuk form setup Windows. Dan yang terakhir adalah pengaturan waktu. Sampai langkah ini, Anda sudah selesai melakukan instal ulang komputer Anda.

Artikel Lain : Cara Merawat Laptop Dengan Baik Agar Awet Dan Tahan Lama

loading...

Cukup sederhana bukan cara instal ulang Windows 7 menggunakan flashdisk? Tanpa menggunakan CD-ROM, Anda tetap dapat melakukan instal ulang mudah.