Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal Dengan Langkah Mudah

Ikan lele sedang menjadi komoditas yang sangat menguntungkan untuk saat ini. Dengan tumbuh pesatnya warung makan yang menyediakan ikan lele sebagai salah satu menu akan membutuhkan pasokan ikan lele dalam jumlah yang banyak setiap hari. Oleh karena itu, bisnis ikan lele sangat menjanjikan untuk saat ini. Namun bagaimana jika tidak memiliki lahan yang cukup untuk beternak lele. Anda bisa menggunakan Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal yang tidak membutuhkan biaya dan tempat yang besar.

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal Lebih Menguntungkan

cara budidaya ikan lele di kolam terpal

Ikan Lele – wikipedia.org

Keuntungan budidaya ikan lele di kolam terpal diantaranya adalah Anda tidak memerlukan investasi besar untuk membuat sebuah kolam terpal. Selain lebih praktis serta mudah, menggunakan kolam terpal dapat menghindarkan kontaminasi yang berasal dari tanah yang akan berpengaruh terhadap budidaya ikan lele. Selain itu, kolam terpal tidak akan mudah terkena banjir sehingga lebih mudah dalam mengontrol kualitas serta kuantitas dari air yang digunakan.

Selain itu, menggunakan kolam terpal akan lebih memudahkan dalam melakukan panen ikan lele karena lebih mudah dalam mengeringkan serta pembersihan kolam ketika panen tiba. Cara budidaya ikan lele di kolam terpal memiliki keuntungan yang sangat bermanfaat bagi para peternak ikan lele.

Sebelumnya lebih baik Anda putuskan untuk membudidayakan ikan lele jenis apa. Apakah Anda akan membudidayakan ikan lele untuk pembibitan, atau budidaya ikan lele untuk konsumsi. Karena masing-masing jenis budidaya memiliki cara beternak yang berbeda.

Berikut langkah-langkah dan cara budidaya ikan lele di kolam terpal yang bisa Anda praktekkan untuk memulai usaha budidaya ikan lele yang akan Anda lakukan:

1. Pilihlah Jenis Budidaya Ikan Lele

Jenis budidaya ikan Lele untuk pembibitan dan jenis budidaya ikan lele untuk konsumsi memiliki cara pembudidayaan yang berbeda. Resiko yang jauh lebih rendah adalah dengan melakukan jenis budidaya ikan lele untuk dikonsumsi. Karena bibit ikan yang digunakan telah lebih besar yaitu sekitar5-7 cm yang lebih tahan terhadap penyakit yang akan menyerang.

Selain itu, dengan besarnya bibit ikan lele akan lebih mempercepat masa panen Anda. Jika Anda melakukan cara budidaya ikan lele di kolam terpal dengan benar, Anda bisa melakukan panen dalam 3 sampai 4 bulan ke depan.

2. Pembuatan Kolam Terpal

Setelah Anda memutuskan untuk melakukan budidaya ikan lele yang sesuai dengan keinginan Anda. Maka langkah selanjutnya adalah dengan pembuatan kolam terpal tempat pembudidayaan ikan lele. Anda harus bisa mengkalkulasikan besarnya kolam dengan daya tampung ikan lele yang akan dibudidayakan.

Setelah Anda mampu mengkalkulasikannya, bahan yang perlu Anda persiapkan untuk membuat kolam terpal adalah terpal, kayu/papan/ batako/tanah serta beberapa peralatan lain yang akan membantu dalam pengerjaan kolam terpal.

3. Lakukan Perawatan Serta Pemeliharaan Dengan Baik

loading...

Cara budidaya ikan lele di kolam terpal selanjutnya adalah, sebelum Anda meletakkan bibit ikan lele, lebih baik Anda isi kolam dengan air beserta beberapa plankton sebagai sumber makanan ikan lele. Anda perlu memperhatikan beberapa hal seperti asupan makanan ikan lele, kebersihan air, pergantian air agar ikan lele tidak terserang penyakit karena kontaminasi bakteri air kotor dan ketika usia cukup lebih baik pisahkan ikan lele.

Demikianlah beberapa tips dalam Cara Budidaya Ikan Lele Di Kolam Terpal yang bisa Anda praktekkan. Usaha ini tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Anda masih bisa mengembangkannya jika usaha ikan lele ini berhasil dan menghasilkan keuntungan.