Budidaya Bawang Merah Di Lahan Kering

Budidaya Bawang Merah – Bawang merah adalah salah satu jenis tanaman semusim yang paling banyak dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Di mana kebutuhan bawang merah saat ini semakin meningkat, karena hampir semua masakan akan membutuhkan komoditas rempah-rempah ini.

Di periode tahun 1986 hingga 1990 Indonesia adalah salah satu negara pengekspor bawang merah, tapi kini berubah menjadi pengimpor komoditas ini. Dan tidak tanggung-tanggung jumlah impornya hingga mencapai ribuan ton. Namun dikarenakan adanya kelangkaan pasokan akibat gagal panen petani, permainan para importil yang nakal, sehingga harga dari bawang merah tersebut dipermainkan, dan membuat susah masyarakat kecil.

Hal yang seperti ini tak lain dikarenakan lahan-lahan disentra produksi bawang merah, mengalami degradasi hara. Di mana daerah-daerah tersebut sebenarnya berpeluang cukup besar untuk pengembangan bawang merah, contohnya di lahan yang kering.

Selama ini bawang merah telah banyak dibudidayakan di lahan sawah serta jarang sekali diusahakan di lahan yang kering. Secara teknis, bawang merah mampu beradaptasi baik apabila di tanam di dataran rendah, baik yang ada di lahan irigasi atau pun di lahan yang kering.

Dengan begitu, bawang merah memiliki prospek untuk bisa dikembangkan di lahan yang kering. Berikut ini akan kami sampaikan syarat tumbuh dan juga Teknik Budidaya Bawang Merah di lahan yang kering. Ingin tahu informasi lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Budidaya Bawang Merah Di Lahan Kering Yang Menguntungkan

budidaya bawang merah

Bawang Merah – Wikipedia.org

Perlu Anda ketahui bahwasannya syarat tumbuh bawang merah ini sangat baik di daratan renda atau pun daratan tinggi hingga sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Tetapi, demikian produksi terbaik umumnya akan diperoleh di daratan rendah yang telah di dukung dengan adanya iklim yang ideal, meliputi suhu udaran yang berkisar 25 hingga 32 derajat celcius, kondisi cuaca yang kering dan tempat terbuka dengan menyinaran hingga 75 %.

Selain itu persyaratan tanah untuk Jenis Tanaman Bawang Merah adalah subur, gembur, dan banyak mengandung bahan organik. Namun, jenis tanah yang baik untuk tanaman ini, adalah lempung berpasir atau pun lempun berdebu, dengan pH tanah 5,5 hingga 6,5 serta dranase dan artasi tanah yang baik pula.

Demikian sedikit ulasan yang dapat kami rangkumkan untuk Anda tentang Budidaya Bawang Merah Di Lahan Yang Kering, semoga bisa bermanfaat untuk pembacanya.

loading...