Inilah Bahaya Kipas Angin Saat Tidur Malam

Bahaya Kipas Angin Saat Tidur – Cuaca panas seringkali membuat seseorang merasa gerah dan tidak nyaman, khususnya bagi anda yang tinggal di area perkotaan. Udara panas bukan hanya terjadi di siang hari, namun terjadi pula di malam hari. Dengan fakta tersebut, maka tidak heran jika banyak orang yang memakai kipas angin di malam hari menjelang tidur.

Kipas angin berfungsi untuk memberi rasa sejuk sehingga penggunanya merasa nyaman saat hendak tidur. Namun ternyata terdapat beberapa dampak buruk yang bisa ditimbulkan oleh kipas angin. Hal ini tentu saja belum diketahui banyak orang. Maka dari itu kami akan memberi ulasan tentang Bahaya Kipas Angin Saat Tidur Malam. Ulasan selengkapnya bisa anda simak di bawah ini.

7 Bahaya Kipas Angin Saat Tidur Yang Perlu Diketahui

Bahaya Kipas Angin Saat Tidur

Bahaya Kipas Angin Saat Tidur – Flickr.com

• Pasokan Oksigen Berkurang
Penggunaan kipas angin yang terus menerus diarahkan pada wajah dapat menyebabkan kurangnya pasokan oksigen ke paru-paru. Hal tersebut dikarenakan angin yang keluar tidak selalu oksigen, namun bisa pula berupa karbon dioksida. Dengan demikian tubuh akan kekurangan oksigen sehingga sangat buruk bagi pernafasan. Jika kipas angin terlalu dekat dengan wajah, oksigen yang dihembuskan juga akan berkutat pada area tersebut sehingga sirkulasi di sekitar wajah berlajan kurang lancar.

• Tubuh Kekurangan Air
Berdekatan dengan kipas angin dalam jangka waktu yang terlalu lama dapat menyebabkan tubuh kita kekurangan air. Hal tersebut bukan hanya omong kosong belaka, karena diungkapkan langsung oleh dokter ternama yaitu Dr. Wendra Ali.

• Kulit Kering
Kulit kering tidak hanya diakibatkan oleh sengatan sinar matahari, namun dapat pula terjadi akibat suhu udara yang terlalu dingin. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kondisi udara yang terlalu dingin dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan, maka hal tersebut otomatis berpengaruh buruk pada kulit. Sejatinya, kulit membutuhkan cairan yang cukup supaya tetap sehat, sehingga seseorang harus menghindari udara dingin yang diakibatkan oleh kipas angin.

• Otot Kaku dan Nyeri
Pemakaiaan kipas angin yang terlalu lama akan menurunkan produksi cairan lubrikasi. Cairan tersebut sangat berperan penting dalam menguatkan otot dan persendian. Maka tidak heran jika orang yang terlalu sering memakai kipas angin akan merasa otot kaku dan nyeri.

• Sesak Nafas
Di poin awal, telah dijelaskan bahwa penggunaan kipas angin yang berlebihan bisa mengurangi pasokan oksigen pada paru-paru. Degan demikian, hal tersebut otomatis akan berdampak langsung pada pernafasan, sehingga bsia menimbulkan sesak nafas.

• Suhu Tubuh Menurun
Keseimbangan suhu tubuh sangatlah penting supaya dapat menjaga aktivitas sel imun. Suhu tubuh dapat mencapai keseimbangan jika tubuh kita mampu mengeluarkan keringat. Namun jika sering memakai kipas angin dalam jangka lama, tubuh akan sulit mengeluarkan keringat karena pori-pori mengecil dan kulit kering. Dengan demikian suhu tubuh akan menurun drastis.

• Terkena Penyakit Bell Palsy
Penyakit Belly Palsy adalah kondisi kelumpuhan pada wajah, yang mengakibatkan sulit senyum dan tertawa.Penyakit ini muncul akibat wajah yang sering terkena udara dingin, salah satunya yang diakibatkan oleh pemakaiaan kipas angin.

Itulah beberapa Bahaya Kipas Angin Saat Tidur Malam. Setelah mengetahui fakta di atas, tentunya anda harus lebih bijak dalam menggunakan kipas angin supaya tidak terkena dampak buruk. Gunakanlah kipas angin hanya disaat udara benar-benar panas. Intinya, anda harus membatasi penggunaan kipas angin secara wajar supaya anda bisa terhindar dari beberapa dampak bahaya yang telah diulas di atas. Sekian ulasan dari kami tentang Bahaya Kipas Angin Saat Tidur Malam, terima kasih sudah menyimak dan semoga bermanfaat.

loading...
Inilah Bahaya Kipas Angin Saat Tidur Malam | Caroline | 4.5