Inilah 10 Bahaya AC Bagi Kesehatan

Bahaya AC Bagi Kesehatan – Masyarakat perkotaan sudah tidak asing dengan AC atau pendingin ruangan. Benda tersebut mampu menciptakan suasana sejuk dalam suatu ruangan sehingga nyaman untuk ditempati. Saat ini, AC semakin bervariasi dan bisa dibeli dengan harga terjangkau, maka tidak heran jika sudah banyak orang yang mulai menggunakannya untuk ditempatkan di rumah atau tempat lainnya. Namun apakah masyarakat sudah mengetahui Bahaya AC Bagi Kesehatan? Selain memberi manfaat, AC juga bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan. Apa saja dampak buruk tersebut?Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bahaya AC Bagi Kesehatan Yang Perlu DiKetahui

Bahaya AC Bagi Kesehatan

Bahaya AC Bagi Kesehatan – Flickr.com

• Kelumpuhan Pada Wajah
Kelumpuhan pada wajah atau yang biasa disebut Bell’s palsy merupakan suatu kondisi pembengkakan pada syaraf wajah, yang mana hal tersebut diakibatkan oleh infeksi virus melalui udara atau angin. Penggunaan AC sangat berpengaruh dalam infeksi tersebut, sehingga AC sangat wajib dibersihkan secara rutin. Adapun beberapa gejala bell’s palsy diantaranya mulut miring, mata pedih, sulit berkumur, bicara seperti pelo, dan berkurangnya fungsi pengecapan.

• Bahu Beku
Penggunaan AC yang terlalu berlebihan bisa mengakibatkan terjadinya bahu beku. Penderita akan merasakan sakit dan nyeri pada area bahu hingga lengan, sehingga sulit untuk melakukan aktivitas berat. Jangan tidur dalam kondisi ruangan yang terlalu dingin jika tidak ingin bahu anda menjadi beku. Jika sudah terlanjur, maka lakukanlah langkah sederhana untuk mengatasinya yaitu dengan olahraga ringan dan terapi pemanasan.

• Mudah Lelah
Terlalu lama berada diruangan yang ber-AC dapat mengakibatkan rasa lelah, karena minimnya udara alami. Beberapa orang bahkan bisa mengalami masalah serius diantaranya sakit kepala, mual, dan gangguan syaraf.

• Sesak Nafas
Kebanyakan orang belum mengetahui bahwa AC memiliki kandungan zat berbahaya yaitu formaldehida dan p-dichlorobenzene. Kedua zat tersebut akan berdampak buruk pada sistem pernafasan, dan bisa pula memicu penyait asma.

• Gangguan Reproduksi
AC mengandung senyawa phthalates yang merupakan asam phtalic. Senyawa tersebut bisa menyebabkan masalah serius pada sistem reproduksi.

• Kulit Kering
Penggunaan AC terlalu lama dapat mengakibatkan kekeringan dan kekurangan cairan. Dengan demikian, kulit akan menjadi kering karena produksi selaput lendir menurun. Dampak lebih lanjutnya tentu saja akan terjadi berbagai masalah dan gangguan pada kulit.

Ancaman Tertular Penyakit
Ketika sedang berada di ruangan ber-AC, maka kita berpotensi tertular penyakit yang disebabkan oleh penyebaran virus, kuman, dan bakteri. Hal tersebut dikarenakan minimnya sirkulasi udara di ruangan ber-AC. Dalam suatu ruangan, bisa saja terdapat orang yang mengidap penyakit menular, sehingga berpotensi ditularkan pada orang lain melalui udara yang ber-AC.

• Bahaya Bagi Mata
Terlalu lama berada di ruangan ber-AC akan sangat berbahaya bagi mata, karena bisa menimbulkan gangguan mata yakni konjungtivis dan blepharitis.

• Kekebalan Tubuh Menurun
AC mengandung humfilder yang bisa mengakibatkan udara di sekitar menjadi kering. Dalam kondisi udara kering, sel-sel imun tidak dapat bekerja dengan efektif sehingga berpotensi menurunkan kekebalan tubuh.

• Flu dan Pilek
Bahaya terakhir dari pengguaan AC yaitu dapat menimbulkan Flu dan Pilek. Hal tersebut dikarenakan kelembapan udara yang tidak seimbang.

Itulah beberapa Bahaya AC Bagi Kesehatan. Setelah mengetahui beberapa bahaya AC di atas, kini tentunya anda harus lebih bijak dalam penggunaan pendingin ruangan tersebut. Jangan sampai keluarga anda di rumah terkena dampak buruk hanya karena anda menggunakan AC secara tidak wajar dan tidak mengetahui dampaknya sama sekali. Tempatkan AC di tempat tertentu dan gunakanlah secara wajar. Jangan lupa untuk mengatur suhu, disesuaikan dengan kondisi yang ada. Sekian ulasan dari kami tentang Bahaya AC Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

loading...
Inilah 10 Bahaya AC Bagi Kesehatan | Caroline | 4.5